EKSPOSRAKYAT.net

Portal Berita Para Citizen Journalist Indonesia

Komedian Jadul nan Kocak, Ateng – Iskak Bikin Film Jadi Fenomenal

Published on Jul 08 2012 // Entertainmen

JAKARTA – Bicara komedian era tahun delapan puluhan rasanya tidak lengkap kalau tidak mengulas soal Ateng dan Iskak. Karya-karyanya tidak akan pernah lekang oleh waktu.

Banyak orang menyebut, Ateng dan Iskak adalah satu jiwa. Tanpa Iskak Ateng tidak bisa lucu, atau sebaliknya tanpa Ateng, Iskak aksinya tidak lucu. Ya, keduanya sudah menjadi perpaduan sempurna.

Ateng yang mempunyai nama lengkap Andreas Leo Ateng Suripto lahir di Bogor, Jawa Barat, 8 Agustus 1942. Dia meninggal di Jakarta, 6 Mei 2003 pada umur 60 tahun.

Sedangkan Iskak mempunyai nama lengkap Iskak Darmo Suwiryo. Dia lahir di Solo, Jawa Tengah, 3 Maret 1933. Iskak pergi selama-lamanya pada 16 Januari 2000 pada umur 66 tahun.

Jika kembali ke belakang, duet Ateng dan Iskak selalu mengocok perut. Boleh dibilang, keduanya pasangan komplet.

Saat akting, keduanya saling mengisi. Seringkali Iskak menjadi objek penderita dan Ateng menjadi orang beruntung. Dari situ, bumbu lucu selalu terjadi saat keduanya beradu akting.

Sudah puluhan film ditelorkan dua komedian ini. Film-film yang paling fenomenal antara lain, Ateng Minta Kawin, Ateng Mendadak Kaya serta Ateng Bikin Pusing.

Kini Ateng dan Iskak telah pergi selama-lamanya. Sosok Ateng selalu menjadi panutan komedian-komedian baru.

“Kesederhanaan beliau menjadi panutan kita semua, beliau menjauhi minuman, judi, dan kehidupan malam. Hidupnya sangat sederhana sekali dan toleran, yaitu ditunjukkannya dengan semangat saling menghormati antarumat beragama,” kata komedian Tarzan.

Bagi generasi sekarang mungkin tidak lagi menikmati film Ateng dan Ishak. Apalagi sudah muncul ratusan film-film baru.

MERDEKA

comment closed