EKSPOSRAKYAT.net

Portal Berita Para Citizen Journalist

Polusi,Warga Protes Keberadaan Pabrik Pakan Ternak

Published on Nov 07 2012 // Peristiwa

Kediri- Ratusan warga Dusun Sukorejo, Desa Tarokan, Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri memprotes keberadaan pabrik pakan ternak di wilayah setempat.Selasa (6/11/12)siang kemarin.

Warga dari dua dusun yakni, Gebangkerep dan Guwoharjo mendesak kepada Aparat Pemerintahan agar turun tangan terkait pencemaran udara dan bau tidak sedap yang timbul dari aktivitas produksi pakan ternak Di Dusun Sukorejo,kecamatan Tarokan.

Protes dilakukan oleh ratusan masyarakat dengan menggeruduk Kantor Kecamatan setempat. Kedatangan warga dari perwakilan ratusan warga terdampak tersebut langsung ditemui oleh Camat beserta jajarannya.

Disamping itu, pihak Kecamatan juga mengundang produsen pakan ternak yang terbuat dari Bulu ayam tersebut untuk langsung mendengarkan aspirasi warga terdampak.

Nuriani selaku koordinator aksi mengatakan ,”selama dua tahun ini warga yang berada pada radius 5 km dari pabrik merasakan bau yang tidak sedap, serta kami sudah berkali-kali mengadu ke perangkat desa,  tetapi tidak ditanggapi.”

Sementara Saban salah satu Perwakilan Perusahaan pakan ternak mengungkapkan, Pihaknya untuk sementara akan menghentikan produksi pakan ternak dulu menunggu tim ahli dari Pemerintah Kabupaten untuk turun mengecek lapangan atas kondisi diperusahaan.

Warga meminta pemerintah cepat bertindak, mencarikan solusi persoalan tersebut. Apabila pencemaran itu tetap dibiarkan, masyarakat mengancam akan melakukan aksi protes serupa dengan kekuatan massa lebih besar.

Sejauh ini pabrik produksi pakan ayam dari bahan baku bulu ayam ini sudah beroperasi selama tiga tahun dengan kapasitas produksi perhari 3 ton. (hd)

 

comment closed