EKSPOSRAKYAT.net

Portal Berita Para Citizen Journalist Indonesia

5 Bahan Penyedap Rasa Alami Pengganti MSG

Published on Agu 29 2013 // Kesehatan

Rata-rata ibu rumah tangga tidak akan puas dengan rasa masakan yang dihasilkan kalau tidak ditambahkan dengan penyedap rasa bernama MSG.

MSG (Monosodium Glutamate) atau yang bisa disebut dengan vitsin atau juga micin merupakan suatu zat penguat rasa yang ditemukan oleh pakar kimiawi di masa lampau.

Sebenarnya, penggunaan penyedap rasa MSG sangat tidak dianjurkan karena terbuat dari bahan kimia yang tentu saja akan mengganggu fungsi tubuh, atau bisa mengganggu jaringan otak. Hal ini akan sangat berbahaya bagi perkembangan otak anak, tetapi MSG masih bisa digunakan selama dalam batas aman (tidak berlebihan) hanya sekitar 3gr/hari batas msg yg mampu diterima tubuh.

Seperti yang dikutip dari vemale, bila anda ibu rumah tangga ingin menggunakan alternatif bahan penyedap rasa selain MSG, vitsin atau micin, anda bisa mencoba menggantinya menggunakan bahan-bahan alami lainnya seperti:

1. Bawang putih
Memarkan bawang putih yang telah dikupas, dan tumis dengan sedikit minyak hingga layu, sebelum Anda memasukkan bahan-bahan lainnya. Bawang putih juga bisa dihaluskan, kemudian ditumis agar lebih merata dengan bahan lainnya.

2.Udang, teri atau ebi
Makanan laut memiliki ‘vetsin’ alami dalam tubuhnya, menghasilkan rasa gurih dan nikmat baik ketika dimasak sendiri ataupun dicampurkan ke dalam bahan lain. Untuk udang, teri atau ebi kering, Anda bisa mengeringkannya dengan oven, kemudian menggerusnya dengan food processor untuk mengubah bentuknya menjadi bubuk.

3. Kaldu ayam atau sapi
Kaldu dari ayam atau sapi paling pas untuk semua masakan. Anda bisa menggunakan tulang belulang atau daging yang direbus dalam air mendidih selama beberapa waktu untuk membuat kaldu ini. Tambahkan juga beberapa sayuran dan rempah agar kaldu semakin lezat.

4. Gula pasir
Sudah bukan rahasia jika gula pasir bisa menjadi pengganti MSG. Tambahkan sedikit saja gula pasir ke dalam masakan Anda, maka rasa gurih masakan justru akan keluar. Jangan terlalu banyak ya, agar masakan Anda tidak menjadi manis.

5. Sosis sapi
Tidak ada kaldu dan tidak mau repot dengan daging mentah, Anda bisa menggunakan sosis sapi. Iris tipis-tipis dan campurkan ke dalam masakan Anda. Sosis sendiri sudah mengandung garam, kaldu sapi dan juga sedikit MSG, sehingga bisa menambah cita rasa masakan Anda.

comment closed