EKSPOSRAKYAT.net

Portal Berita Para Citizen Journalist Indonesia

Panwaskab Indramayu Pantau Perkemahan Perjusami

Published on Nov 10 2013 // Politik
Syamsul Bachri Siregar,SH.MH Ketua Panwaskab Indramayu(Poto Ihsan)

Syamsul Bachri Siregar,SH.MH Ketua Panwaskab Indramayu(Poto Ihsan)

INDRAMAYU,ER – Pelaksanaan acara perkemahan yang digelar dari hari ini Jumat hingga Minggu(Perkemahan Perjusami) yang melibatkan pelajar pemilih pemula (tingkat SLTA)se Kabupaten Indramayu dan diduga ada muatan politis, Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Indramayu masih menunggu laporan evaluasi timnya di wilayah tersebut.

Tim yang dimaksud adalah Panwas Kecamatan Terisi, pasalnya kegiatan yang diadakan di daerah Jangleng Kecamatan Terisi, Indramayu, dikemas dengan acara “Perkemahan Bhakti Sosial PP” dimotori oleh Ormas Pemuda Pancasila (PP) yang melibatkan para Kepala Sekolah, Pejabat UPTD, dan PGRI se-Indramayu, digelar sejak Jumat hingga Minggu, 8-10 Nopember 2013.

“Tunggu besok aja ya, laporan dan evaluasi detail dari Panwascam belum masuk,” tutur Ketua Panwaslu Indramayu, Syamsul Bahri Siregar kepada Wartawan, Jumat malam (8/11/13).

Kata dia, secara umum pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh Panwaslu Kecamatan (Panwascam) di Indramayu. Baik  tugas, fungsi dan kewenangannya untuk senantiasa melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang berpotensi terjadinya pelanggaran pemilu.

“Kami sampaikan terimakasih apabila ada pihak-pihak yang turut berpartisipasi dalam membantu melakukan pengawasan terhadap jalannya pemilu yang demokratis,” jelasnya.

Meski begitu, ia mengingatkan, jika acara tersebut digelar terindikasi adanya pelanggaran pemilu, maka akan dilakukan evaluasi dan tindakan,  namun untuk menindaknya masih perlu mengumpulkan bukti dan syarat-syarat sesuai dengan undang-undangan Pemilu.

“Harus dipahami bahwa dalam melakukan tindakan penegakan hukum pemilu, tidak bisa didasarkan pada asumsi atau penilaian-penilaian normatif, namun harus  dilengkapi dengan bukti-bukti awal yang cukup dan menguatkan, sebagaimana yang disyaratkan dalam perundang-undang Pemilu,” tandasnya.**(red)

comment closed